Thursday 26 April 2012

Bangka Belitung - Mengenal Daerah Penghasil Timah dengan Pantai Nan Indah

Tentunya Anda pernah menonton KRS. Film ini bercerita tentang kesulitan kehidupan anak-anak di pulau BANGKA BELITUNG. Sedangkan daerah penghasil Pulau Bangka Belitung Tin adalah yangbanyak membawa valuta asing bagi negara. Namun, sumber berlimpah dayaalam di Bangka Belitung tampaknya tidak proporsional dengantingkat kesejahteraan masyarakat. Sebagian besar masyarakat selama bertahun-tahun adalah keprihatinan dalamkondisi masih hidup. Kerja lapangan sulit, mahal, hargakebutuhan sehari-hari yang rusak parah jalan kondisi danberlubag lubang, jumlah bangunan sekolah hampir jatuh dansangat mengkhawatirkan, adalah kondisi nyata di Bangka Belitung selama lebih dari satu dekade.  

PROVINSI BANGKA BELITUNG-perubahan ke arah perbaikan sebagai berjalannya waktu, perlahan-lahan kondisi sebagai yangdigambarkan di atas adalah selalu tetap. Untuk mempercepat perubahan terhadap perbaikan yang bersama dengan pulau-pulau lain seperti Pulau lebihkecil, Pulau Pongok, Lepar Island Mendanau, Nasik, danPulau Selat menjadi yangterpisah provinsi Sumatera Selatan provinsi Kepulauan Bangka Belitung terpisah sebagai sebelum. 

 Pendirian ini bersumber provinsi Kepulauan Bangka Belitung padaUndang undang-undang No. 27 2000 pada pembentukan provinsi KepulauanBangka Belitung pada tanggal 21 November 2000. Provinsi ini terdiri dari BangkaBelitung, Bangka Belitung dan KotaPangkalpinang. Namun, Provinsi Bangka Belitungtelah saat ini terpecah menjadi tujuh wilayah kembali ke tingkat dua, yaitu Bangka, Belitung, Bangka Barat, Bangka Tengah Kepulauan Bangka Belitung, Selatan, Timur, dan Pangkal Pinang.  

Setelah perluasan, pertumbuhan ekonomi saat ini dari Kepulauan Bangka Belitung perlahan tapi pasti mulai membaik.Terbukti, tahun 2007 pertumbuhan provinsi muda ini sekitar 4, 54persen dari minyak & gas sektor dan pertumbuhan ekonomi non minyak dan gas sekitar5, 37 persen. Angka-angka ini telah lebih baik bila dibandingkan dengan padatahun 2006. Nilai dari PDB pada tahun 2006 dengan migas adalah Usd 9.053.906 Usd juta, dan tahun 2007 yang meningkat menjadi 9.645.062 juta. Sementaraitu, tanpa migasnya untuk Rp 9.257.539 juta. Besarnya surplus neracaperdagangan tahun 2007 sebesar, 85 juta dolar AS 1232 atau naiksebesar 18,13 persen. 

Pariwisata sektor-the OTHER SIDE of BANGKA BELITUNG ada unik yang banyak keunikan tempat dan budaya di Ubb dapatdijual sebagai turis komoditas, seperti keindahan budaya dankeunikan pantai. Wilayah Kepulauan Bangka Belitung kental dengan suasanapantainya Tentu Simpan potensi pariwisata, yaitu cukupmenjanjikan sebagai berikut. Ada banyak PARAI BEACH MACKEREL pantai-pantai indah di Bangka Belitung, Bangka diPulau terutama. Beach karakteristik yang terletak di Pulau Bangka adalahtopologinya landai dengan ombak besar dan jumlah besar batuanvulkanik berserakan.  

Setiap suhu halus danlumayan bervariasi, ada masa keemasan berwarna kuning bahkan berwana putih. Beberapa pantai terkenal di Pulau Bangka Belitung  antara lainPantai Parai makarel. Pantai ini yang terkenal tidak hanya lokal, tetapi juga olehwisatawan telah dikenal oleh wisatawan asing. Sangat eksotis. Selain pantai yang terletak di daerahMatras, Sungailiat juga sudah dilengkapi dengan cara akomodasiyang baik. Di antara hotel, Wisma, Wisma berbagaiukuran dengan fasilitas, seperti  keluar dan olahraga air. Selain pariwisata bahari perayaan KONGIAN Ubb masih tetap keunikan lainnya, seperti perayaan tahun baru Cina konyan atau yang disebut dalam dialek Cina kongian Hakka. Seperti yang telah ditulissebelumnya, wilayah Kepulauan Bangka Belitung memang lama telah didatangi oleh orang-orang dari berbagai kelompok etnis, termasuk Cina. Tionghoa Hakka orang meskipun telah di Bangka Belitung, namun masih menjaga budaya seperti perayaan tahun baru Cina etnisHakka.  

Menurut keyakinan mereka, ini ditujukanuntuk merayakan perayaan kongian datang musim semi. Namun, pada saat musim semi datang, datang dari dangunung laut kasar datang mengganggu mereka. Pengganggu ini adalah kasar "ngian" dilambangkan oleh tari singa. Untuk dapat mengalahkan ngian, penduduk memakai pakaian serba merahsambil membuat kebisingan dengan cincin musikserta berbagai alat petasan.  

Perayaan ini ada hanya kongian  di daerah yangpenduduk Cinanya etnis keturunan Hakka masih, seperti di daerahBangka ini Belitung. KETUPAT perang setiap memasuki tahun baru Islam tepat pada 1 Muharam, Ubb penduduk merayakan dengan memegang sebuah tradisi unik yang disebut "Ketupat perang". Ketupat perang inidiselenggarakan di pantai Tempilang, Kabupaten Bangka Barat. Parapenduduk bersiap-siap untuk menyambut tamu yang akan datang dengan lebar membukapintu sehingga rumah tamu ke rumah mereka. Puncakacaranya adalah ketika warga telah datang menemui pantai Tempilang,

No comments:

Post a Comment