Wednesday 10 October 2012

8 Destinasi di Medan dan Sekitarnya Pilihan Anda

Pesona Kota Medan sudah menaklukan banyak traveler. Ternyata, tidak hanya Ibukota Sumatera Utara saja yang menjadi primadona. Beberapa destinasi di sekitarnya pun tak luput dari pilihan d'Traveler.

Aksesnya mudah dan memiliki banyak tempat wisata, menjadikan Kota Medan laris dikunjungi wisatawan. Tidak hanya itu, kota ini juga dikenal memiliki ragam kuliner yang bisa membuat siapa saja ketagihan.

Sejak Selasa (9/10/2012) hingga Rabu (10/10) kemarin, detikTravel menggelar survei tentang tempat wisata paling favorit d'Traveler jika berkunjung ke Medan. Antuasias ditunjukkan para pembaca setia detikTravel ini. Dari survei tersebut, sebanyak 10,5 persen d'traveler memilih Istana Maimoon sebagai destinasi favorit saat berkunjung ke Medan.

Walaupun Istana Maimoon terlihat kurang mendapatkan perhatian, nyatanya masih banyak wisatawan yang berdatangan. Bangunan ini dibangun pada tahun 1888. Walaupun didirikan oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah, tapi ternyata bangunan megah ini diarsiteki oleh TH Van Erp yang bekerja juga sebagai Konijnlijk Nederlands-Indische Leger (KNIL), atau tentara Kerajaan Hindia-Belanda.

Desain bangunannya adalah perpaduan antara Indonesia, Persia, dan Eropa. Nuansa Melayu dan Islam jelas terlihat di bangunan yang terletak di Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimoon ini.

Selain Istana Maimoon, d'traveler juga memilih Kedai Durian Ucok sebagai tempat favorit mereka dengan jumlah yang sama, yaitu 10,5 persen. Jika Anda datang pada bulan Desember sampai Februari, buah durian bisa dengan mudah Anda dapatkan di sini. Bulan tersebut adalah musimnya buah durian. Selain itu, harganya pasti lebih murah, yaitu sekitar Rp 15-20 ribu per buah.

Namun, bukan berarti selain bulan tersebut Anda tidak bisa menikmati durian di Kedai Durian Ucok. Sebab di Medan durian panen sepanjang tahun. Hanya saja harganya bisa lebih mahal.

Selanjutnya, ada Merdeka Walk dan Masjid Raya Medan yang juga menjadi pilihan d'traveler, yaitu sebanyak 7,8 persen. Jelas saja, dua tempat tersebut sudah sangat terkenal di Kota Medan. Bahkan seperti belum ke Medan rasanya jika tidak mampir ke dua tempat tersebut. Selain itu, ada juga sebanyak 5,2 persen d'Traveler memilih menyantap soto Medan di Rumah Makan Sinar Pagi.

Walaupun di Medan saja sudah memiliki banyak sekali tempat wisata, tapi ternyata d'traveler lebih menyukai aneka destinasi di sekitar medan. Sebanyak 39,4 persen d'Traveler memilih Danau Toba sebagai tempat berlibur mereka. Ada juga sebanyak 13,2 persen d'Traveler yang memilih pergi ke Berastagi. Meskipun berada dalam kawasan yang sama dengan Danau Toba, tapi ternyata Pulau Samosir mampu menarik perhatian sebanyak 10,5 persen d'Traveler.

3 Tempat tersebut memang memiliki panorama alam yang sangat indah. Bukitnya, d'Traveler rela jauh-jauh mampir ke sana saat sedang berlibur di Kota Medan. Jika Anda memiliki rencana berlibur ke Medan, mungkin beberapa destinasi pilihan d'Traveler bisa Anda masuki ke dalam daftar rencana wisata Anda.

Berikut adalah hasil survei yang digelar detikTravel tentang wisata favorit di Kota Medan, Sumatera Utara:

1. Danau Toba (39,4 persen)
2. Berastagi (13,2 persen)
3. Istana Maimoon (10,5 persen)
4. Kedai Durian Ucok (10,5 persen)
5. Pulau Samosir (10,5 persen)
6. Merdeka Walk (7,8 persen)
7. Masjid Raya Medan (7,8 persen)
8. Rumah Makan Sinar Pagi (5,2 persen)

No comments:

Post a Comment