Sunday 7 October 2012

Memperkenalkan Wisata Jawa Tengah Kepada Dunia Lewat Adu Lari

Bayangkan Jawa Tengah dengan sawah, kebun kopi, jalur kereta tua, dan desa dengan senyum ramah warganya. Pengalaman ini bisa dikenalkan kepada wisatawan asing dengan acara menggelar lomba lari melewati semua pemandangan indah itu. Kreatif!

Mesastila Challenge 2012 yg digelar Mesastila Resort di Losari, Magelang, Jawa Tengah, bukan lomba lari biasa. Adu balap 21,1 km ini melewati semua pemandangan indah yg ada dari Ambarawa sampai Magelang.

Pada Sabtu (6/10/2012) 68 Pelari dari Indonesia dan sejumlah negara berlomba menuju finish dari Museum Kereta Ambarawa, menyusuri jalur kereta uap. Dari situ mereka melewati sawah, kebun kopi, pedesaan dan finish di Mesastila Resort.

Siapa sangka, kalau acara olahraga ini juga menjadi ajang promosi wisata. Sport tourism rupanya cocok digelar di Magelang dan sekitarnya.

Retreat Manager Mesastila, Bryan Hoare dalam keterangan pers, mengatakan acara lari mereka dijamin bisa mempromosikan keindahan Jawa Tengah kepada wisatawan asing. Hal ini khususnya kepada penggemar sport tourism.

"Semua orang yang hari ini ikut lomba bilang pemandangannya bagus banget. Para pelari dari luar negeri, kalau menemukan tempat bagus, mereka pasti akan promosi kepada komunitasnya. Komunitas para pelari ini sangat penting," kata Bryan.

Pria yang juga merupakan atlet lari ini mengatakan lomba lari Mesastila Challenge ini sengaja dibuatkan jalur agar peserta bisa melihat keindahan alam dari Ambarawa sampai Magelang. Jalurnya pun menantang, sekaligus cantik.

"Semua keindahan yang ada di Jawa Tengah, berkumpul di sini semua," kata Bryan.

Acara ini pun selaras dengan Mesastila yang dahulu bernama Losari Spa Retreat and Coffee Plantation ini. Mesastila sebagai resor mewah, ingin mengedepankan konsep liburan sehat dan berkualitas, salah satunya dengan kegiatan lari.

"Tahun depan akan ada Visit Jateng Year 2013. Acara ini akan sangat bagus untuk perkenalan tourism," kata Bryan.

Acara Mesastila ini juga didukung oleh program amal Berlari untuk Berbagi yang digagas pengusaha muda Sandiaga Uno. Bos PT Adaro Energy ini juga ikut berlari sejauh 21,1 km.

No comments:

Post a Comment