Sunday 7 October 2012

Bandung Juga Punya Taman Kupu-kupu

Bandung tak sebatas Jalan Dago, Braga, atau Riau saja. Di Jalan Cihanjuang, terdapat sebuah taman kupu-kupu yang cocok untuk destinasi akhir pekan. Seru!

Bandung masih jadi kota eskapisme favorit bagi warga Jakarta. Tinggal melaju di jalan tol Cipularang dan voila, Kota Kembang sudah di depan mata. Kalau lancar, Anda akan merasakan atmosfer Kota Bandung dalam 3 jam saja.

Banyak wisatawan yang menyambangi Kota Bandung untuk wisata belanja dan kuliner. Kawasan yang jadi primadona tentu saja Jalan Dago dan Riau, mengingat banyaknya Factory Outlet (FO) dan penjaja makanan khas Bandung. Tapi tahukah Anda, kota ini juga punya taman kupu-kupu yang seru untuk agenda akhir pekan.

Namanya Taman Kupu-kupu Cihanjuang. Berlokasi di Jalan Cihanjuang, Bandung Barat, taman ini dipenuhi kupu-kupu aneka bentuk dan warna. Anda akan merasa terhipnotis seiring mereka mengepakkan sayap cantiknya!

Saat detikTravel berkunjung beberapa waktu lalu, suasana di Taman Kupu-kupu Cihanjuang sangat hijau dan asri. Taman bergaya Bali akan menyambut Anda di pintu depan. Sebelum masuk, Anda wajib membeli tiket seharga Rp 20.000 saja. Eits, bukan berupa kertas, melainkan pin kupu-kupu yang boleh dibawa pulang.

Begitu masuk, di sisi kiri bangunan terdapat taman yang sudah dipasangi jaring. Area taman ini cukup luas, sekitar 5.000 m2. Pengunjung bisa berjalan searah jarum jam dan menikmati aneka kupu-kupu berterbangan. Ada yang oranye, kuning, hijau, hitam, biru, semuanya tampak cantik!

Di dalam Taman Kupu-kupu ada juga rumah kepompong. Puluhan calon kupu-kupu itu tersusun rapi. Kalau beruntung, kita bisa melihat kupu-kupu yang baru keluar dari kepompongnya. Butuh waktu 3-4 jam bagi kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong untuk siap terbang. Inilah waktunya Anda menyentuh mereka pelan-pelan atau melihatnya dari dekat.

Berkunjung ke Taman Kupu-kupu Cihanjuang pasti jadi agenda seru untuk akhir pekan kali ini. Letaknya juga cukup mudah dijangkau. Kalau menggunakan kendaraan pribadi, masuklah dari Geger Kalong ke arah belakang Kampus Politeknik Bandung (Polban) dan tiba di Cihanjuang.

Kalau menggunakan kendaraan umum, naikilah angkot Cimahi-Parompong yang langsung lewat di depan Taman Kupu-kupu. Opsi lain, angkot Cimahi-Ledeng akan mengantarkan Anda sampai 200 meter sebelum Taman Kupu-kupu.

No comments:

Post a Comment