Wednesday 10 October 2012

Pulau Buton, Tempat Transit Paling Indah Menuju Wakatobi

Sebenarnya tujuan utama saya waktu itu adalah menuju gugusan Kepulauan Wakatobi. Namun, sayang rasanya bila tidak mengeksplor Pulau Buton, Sulawesi Tenggara yang menjadi transit sebelum menuju Wakatobi.
Waktu itu, awal januari 2012, saya dan pasangan mau backpacking dari Makassar ke Wakatobi. Dari Makassar kami menaiki kapal pelni menuju Pulau Buton atau yang lebih dikenal dengan nama Bau-bau.

Sampai di sana kami pun pikir-pikir lagi untuk langsung menyambung perjalanan dengan kapal kayu yang menuju ke Wanci (Wakatobi). Ternyata, kami tertarik dengan keindahan pulau bersejarah ini. Akhirnya kami memutuskan akan menunda perjalanan ke Wakatobi selama satu hari untuk mengeksplor Bau-bau.

Waktu yang cukup singkat, kami sempat bingung ke mana destinasi pertama kami di pulau yang eksotis ini. Akhirnya, air terjun Bau-bau menjadi tujuan pertama kami karena kami juga belum mandi seharian. Untungnya pemandian di air terjun ini sedang sepi karena saat itu bukan hari libur. Jadi, kami bisa mandi dan main air sepuasnya.

Kemudian, destinasi kami selanjutnya adalah Pantai Nirwana yang letaknya lumayan jauh dari pelabuhan. Membutuhkan waktu perjalanan sekitar setengah jam bila menggunakan ojek.
Pantai Nirwana ternyata sangat indah! Perpaduan warna air laut dan langit di sana menyerupai warna pastel. Sungguh menawan bila dipandang mata. Kalau sudah ke sini, kami merasa tidak mau kembali lagi karena merasa seperti berada di negeri dongeng.

Tapi sayang, waktu kami di Bau-bau tidaklah banyak karena harus segera melanjutkan perjalanan ke Wakatobi dengan kapal kayu. Sampai berjumpa lagi Pulau Buton!

1 comment:

  1. ...pengen ke buton, ala backpacker...kira-kira berapa biaya ya?

    ReplyDelete